Kamis, 03 Januari 2013

Tips Tidur Sehat


Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnnya dengan makanan yang bergizi dan olahraga. Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Berikut ini adalah beberapa tips tidur sehat:

1.   1. Jangan tidur dalam keadaan kekenyangan atau kelaparan
Jangan tidur dalam keadaan kekenyangan atau kelaparan, hindari buah atau kacang-kacangan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga kegiatan ngemil dengan kandungan lemak yang tinggi karena akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Jika sedang diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar, makanlah buah yang rendah kalori seperti pisang dan apel.
2.2.    Disiplin

Agar jam biologis tubuh anda stabil, kita harus tidur pada waktunya dan bangun pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah anda merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi, baik hari kerja atau  hari libur.
3.   3. Olahraga teratur

Salah satu obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan pikiran adalah dengan olahraga teratur. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi dan sore hari. 

4  Kualitas, bukan kuantitas
Yang paling penting adalah kualitas, bukan kuantitas. Tidak masalah jika anda bisa tidur hanya 5 jam saja tetapi anda merasa segar 

5.    Suasana dan ritual
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga suhu dan kelembapan udara kamar tidur anda. Sebelum tidur usahakan rileks. Lakukan ritual tidur yang menyenagkan seperti mendengarkan musik lembut, membaca ringan, dll.


From:  Majalah Intisari   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar