Minggu, 23 Desember 2012

Beberapa Cara Sehat Menghadapi Rasa Marah

  1. Jangan melepaskan kemarahan, anda mungkin merasa lebih baik tetapi tidak dengan orang yang terkena marah, mereka akan merasa tidak nyaman. Cara lain untuk melepaskan kemarahan adalah menulis surat yang berisi kemarahan anda untuk mencapai perasaan bebas.
  2. Jangan mengesampingkan rasa marah anda, segera ambil tindakan untuk memperbaiki situasi ketika anda merasa terganggu sehingga perasaan marah tidak menggunung. Misalnya, bicaralah pada pada teman jika anda merasa tidak senang dengan sikapnya.
  3. Sisihkan waktu beberapa saat untuk memikirkan dan menulis perasaan orang lain yang mungkin menjadi sasaran kemarahan kita.
  4. Bersikaplah proaktif, jangan berharap orang lain mengerti atau membaca pikiran kita, mengerti apa yang kita inginkan. Bicaralah pada diri sendiri, belajar jujur pada diri sendiri dan orang lain tentang apa saja yang anda ingin dan butuhkan pada suatu dasar keseharian.
  5. Gunakanlah energi kemarahan untuk mendapatkan sesuatu yang akan bermanfaat bagi kita. Hal ini akan sangat baik, terutama ditempat belajar. Pikirkan dengan hati-hati sebelum anda mengekspresikan kemarahan pada teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar