Minggu, 23 Desember 2012

Mari Merawat Mata

Cara-cara mudah yg dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mata anda akan terasa lebih baik dalam beberpa hari.
  1. Periksa Mata Setiap 12 Bulan
Masalah penglihatan yg tidak segera ditangani akan menjadi semakin parah. Memakai kontak lens atau kacamata yg tidak cocok untuk anda dapat mengakibatkan sakit kepala dan masalah penglihatan.

  1. Di Musim Panas, Pakailah Kaca Mata
Sinar UV dapat merusak mata. Saat membeli kaca mata, belilah kaca mata yg paling tidak memantulkan 98% radiasi UV.

  1. Cari Kontak Lens Dengan Kualitas Baik
Tidak semua kontak lens sama, ada yg benar-benar aman , ada juga yg beresiko merusak mata. Hati-hatilah memilih kontak lens.

  1. Istirahatkan Mata
Hampir semua orang merasa mata mereka tidak nyaman setelah duduk seharian menghadap layar komputer. Hal itu karena mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, lalu mata menjadi kering.satu hal yg dapat dilakukan yaitu menutup mata dan menghitung sampai 5 sebulum membukanya kembali,. Hal yg lain adalah berpaling dari layar dan fokus pada obyek yg jauh sesering mungkin.

  1. Jika Bekerja Memakai Komputer, Pastikan Cahayanya Tepat
Bekerja dgn cahaya yg terlalu terang tidak baik untuk mata, bekerja dgn cahaya minim juga dapat membuat mata kelelahan. Arah cahaya terbaik jika bekerja memakai komputer adalah dari lampu mejabercahaya lembut dari arah samping. Kurangi brightness monitor. Warnanya memang tidak terlalu terang, tapi mata akan lebih nyaman.

  1. Makanlah Nutrisi Yang Baik Untuk Mata Dan Tubuh Anda
Ada sebuah penelitian menunjukan bahwa kelompok antioksidan dan vitamin dapat mencegah atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

  1. Pakailah Kontak Lens Sesuai Jadwal Yang Disarankan
Orang yg berniat menghemat dgn memakai kontak lens lebih lama daripada yg dianjurkan. Ini bukan hal yg baik, meski kualitas lensanya tidak akan berkurang, tapi tumpukan proten dapat mengaburkan penglihatan mata anda. Resiko lain pemakaian kontak lens yg terlalu lama adalah makin tinggi resiko mata anda terkena infeksi.

  1. Jika Memakai Kontak Lens, Rawatlah Dengan Baik
Meski tidak begitu merepotkan, anda tidak bisa mengabaikan kebersihannya. Setiap memakai atau melepaskan kontak lens bilaslah dengan cairan pencuci khusus. Anda juga harus mengganti cairan pencucinya, hal itu bisa dilakukan saat anda menaruh lensa itu ditempatnya saat akan tidur di malam hari.


From: www:keluargasehat.com/ dengan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar