Selasa, 11 Desember 2012

Contoh sebuah resensi


                                                                                                           
Judul buku: Keseimbangan peningkatan IMTAK dengan penguasaan IPTEK
Pengarang: Agustami, S.pd
Penerbit: PT Dian Ariesta
Tahun terbit: 2002
Tebal buku: iii-V+70
Jenis buku: nonfiksi

Ada peribahasa yg mengatakan bahwa agama adalah sesuatu yg pasti, sedangkan ilmu pengetahuan adalah sesuatu yg mungkin. Pandangan pertama mengasumsikan bahwa agama dan ilmu pengetahuan jelas harus dibedakan dengan cara yg jelas, karena agama berorientasi pada dunia yg tidak terlihat, sedangkan ilmu pengetahuan kearah yg dapata terlihat. Pandangan kedua percaya agama dan ilmu pengetahuan harus berjalan bergandengan tangan. Pandangan ketiga mengasumsikan bahwa agamalah yg harus menonjol,  karena tanpaa agama, ilmu tidak mempunyai arti.
Dalam buku ini juga tercakup ayat-ayat yg berisikan tentang ilmu pengetahuan teknologi, kekayaan alam, dan kebutuhan material manusia. Dan itu disajikan dalam buku ini secara jelas. Dalam buku ini juga terdapat kompetitif iptek dan imtak untuk keseimbangan urusan agama dan pengetahuan teknologi.
Dibuku ini juga dibahas masalah keterkaitan iptek dan imtak dengan pendidikan sekolah menengah. Menunjukan bahwa buku ini pantas untuk dibaca.
Buku ini mempunyai isi yg cukup menarik, tetapi ada beberapa kata yg sulit diipahami dan sampul luarnya kurang menarik perhatian pembaca untuk menbacanya. Buku ini sangat pantas dibaca oleh kalangan pelajar karena berhubungan dengan pengetahuan teknologi tetapi tidak meninggalkan ajaran-ajaran agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar