Jumat, 14 Desember 2012

Rangkuman isi buku



Judul Buku: peristiwa
Pengarang: Agus Sutanto, Maryam
Penerbit    : CV. Sindunata
Tahun terbit: 2010

Daftar isi

Ø  Bab I: identifikasi alur, penokohan, dan latar sutu cerpen.
Ø  Bab II: menanggapi presentasi orang lain
Ø  Bab III: mengungkapkan hal menarik dan dapat diteladani dari tokoh
Ø  Bab IV: mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama.

Alur adalah rangkaian peristiwa dalam suatu cerita yang memiliki hubungan  sebab-akibat.. Alur dibedakan menjadi 3 macam, yaitu : Alur Maju, Alur Mundur, dan Alur Campuran. Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh. Sedangkan latar adalah lukisan tempat, waktu dan sosial Tempat terjadinya suatu peristiwa.
Seseorang yang mempresentasikan hasil penelitiannya, pasti akan mendpata suatu pertanyaan, tanggapan , kritikan, maupun saran. Apapun tanggapan yang diberikan oleh pendengar wajib mendapatkan tanggapan balik dari presentator. Tanggapan balik itu berupa penerimaan saran , pembedaan, atau penjelasan.
Untuk bisa mengetahui hal-hal yang menarik dapat diteladanin dari seorang tokoh kita bisa membaca biografi. Buku biografi adalah buku tentang perjalanan hidup seseorang yang telah mengukir banyak prestasi dalam hidupnya. Seseorang yang kisah hidupnya di biografikan adalah seseorang yang mempunyai keistimewaan dan prestasi yg membanggakan.
Pendeskripsian watak tokoh dalam teks drama bisa dilakukan melalui dialog antar tokoh. Melalui dialog, seorang tokoh secara tidak langsung menunjukan cara berfikirnya, cara menghadapi orang  lain . hal-hal tersebut akan menunjukan karakter, watak atau perilaku tokoh.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar